Logo FISIP

    Web UT    mail  office 365
Making Higher Education OpenTo All

Program Diploma 4 (D4) - Kearsipan

Deskripsi Program

Dikembangkannya Program Studi Diploma IV Kearsipan FISIP-UT dilatarbelakangi oleh beberapa pemikiran:

1.

Pentingnya peran dokumen sebagai bahan pendukung pengambilan kebijakan disuatu instansi/lembaga

2.

Pentingnya tenaga ahli bidang kearsipan (arsiparis) sebagai tenaga pengelola arsip yang professional

3.

Era globalisasi dan otonomi di daerah sekarang memunculkan tuntutan kebutuhan akan SDM yang professional di bidangnya, pada tingkat kabupaten/kota maupun provinsi.

4.

Globalisasi menciptakan kemajuan dinamis di segala bidang sehingga mengubah paradigma pengembangan profesionalisme sumber daya manusia dari skill base menjadi knowledge base yang pada akhirnya menjadi competence base.

Jenis-jenis pekerjaan yang diperkirakan akan berkembang adalah pekerja pemikir (skill full worker) yang lebih mengandalkan kemampuan intelektual dan daya inovasi, kemudian kemampuan belajar mandiri (self directed learning). Jenis pekerjaan tersebut sangat diperlukan di instansi pemerintah, baik pusat maupun di daerah, BUMN serta perusahaan-perusahaan swasta. Kehadiran arsiparis sangat mendukung penyelenggaraan organisasi mereka. Kekurangan jumlah arsiparis di Indonesia diharapkan dapat diatasi dengan dibukanya program studi D-IV Kearsipan di FISIP-UT.

Program Studi D-IV Kearsipan bertujuan untuk:

1.

Meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan arsiparis dan selanjutnya diharapkan dapat mengelola arsip menjadi lebih baik dan dapat menciptakan sistem informasi arsip yang sesuai dengan perkembangan zaman.

2.

Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengelola arsip yang menitik beratkan pada perancangan sistem kearsipan berbasis teknologi informasi dan aspek social lainnya, sehingga dapat melakukan kegiatan kearsipan dengan penuh tanggung jawab, mandiri, kreatif, inovatif selaras dengan perkembangan pengetahuan, teknologi informasi dan komunikasi. Lulusan Diploma IV Kearsipan berhak menyandang gelar S.ST.Ars [Sarjana Sains Terapan Kearsipan].

Visi Misi 

Visi

“Menjadi Program Studi berkualitas dalam menghasilkan lulusan yang dapat memenuhi kebutuhan di bidang kearsipan baik untuk organisasi pemerintah maupun organisasi non pemerintah melalui penyelenggaraan PTTJJ”.

Misi

1.

Menyelenggarakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi untuk dapat bersaing dalam hal pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi baik secara nasional maupun internasional.

2.

Meningkatkan kualitas bahan ajar, bantuan belajar dan evaluasi hasil belajar guna meningkatkan kualitas peserta didik.

3.

Meningkatkan kemampuan dosen baik dalam hal akademik maupun manajerial guna mencapai peningkatan kinerja program Studi.

4.

Memperluas akses dan kesempatan belajar yang terjangkau pada jenjang pendidikan tinggi yang   berkualitas dalam bidang kearsipan bagi masyarakat melalui PTTJJ.

5.

Meningkatkan citra PS Kearsipan dalam rangka peningkatan angka partisipasi mahasiswa

6.

Mengembangan kemitraan dengan berbagai pihak (pemerintah, swasta, masyarakat, individu) baik nasional maupun internasional.

Tujuan

1.

Mengisi kebutuhan arsiparis ahli yang memadai dan profesional.

2.

Memfasilitasi para lulusan yang memenuhi persyaratan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

3.

Menghasilkan lulusan DIV Kearsipan yang memiliki keunggulan kompetitif yang mampu memenuhi kebutuhan pasar, melalui peningkatan kualitas kurikulum dan pengayaan materi pendidikan kearsipan berbasis pendekatan teknologi informasi dan komunikasi.

Sasaran

1.

Meningkatkan kualitas dan kuantitas arsiparis ahli yang profesional di bidang kearsipan di seluruh wilayah Indonesia yang dapat dijangkau oleh jaringan pendidikan jarak jauh berbasiskan teknologi informasi dan komunikasi terkini.

2.

Membuka, memperluas dan menguatkan jaringan kemitraan bidang pendidikan kearsipan melalui PTJJ antara UT dengan institusi lain dengan berpedoman pada asas saling menguntungkan dan memberi nilai tambah bagi peningkatan sumber daya manusia bidang kearsipan secara global.

3.

Melakukan peningkatan pendidikan kearsipan nasional secara berkesinambungan berdasarkan pendekatan manajemen kualitas terpadu dengan mitra kerja yang ada.

4.

Memfasilitasi reformasi sistem kearsipan dari pendekatan lama (manual) ke pendekatan terkini (modern) melalui pendidikan keahlian kearsipan, dalam rangka membangun sistem kearsipan digital (archive digital system).

Kurikulum 

Struktur Kurikulum DIV Kearsipan

perhatian: untuk kenyamanan membaca Kurikulum disarankan untuk menggunakan browser Google Chrome

Sumber : Katalog Reguler


[ * ] Jika tidak dapat membuka tampilan halaman ini, silakan klik di sini.

  [download ]

Panduan Praktik 

 

Panduan Praktik Kearsipan [download]

 

 

 

 

 

FHISIP UNIVERSITAS TERBUKA

Gedung Fakultas 3
Jl. Cabe Raya, Pondok Cabe

Pamulang, Tangerang Selatan
Banten Indonesia 15418
Telp: 021 - 7490941
ext. 1934,1933,1930
Fax: 021 - 7434391
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.